Forum

Minggu, 27 November 2011

Tradisi Ulang Tahun Ala Subejo


                Tradisi perayaan ulang tahun memang sangat lazim di kalangan masyarakat terutama bagi praja IPDN. Sebagai bentuk rasa syukur dengan pertambahan usia dan sebagai bentuk evaluasi, biasanya orang – orang terdekat membuat suatu acara yang berfariasi dan beragam bentuknya. Mulai dari surprice party hingga ordinary party.
                Begitu pula bentuk perayaan ulang tahun praja yang sangat beragam di IPDN. Berbeda dengan perayaan di luar, perayaan di IPDN mungkin bias dikataka terkesan sederhana karena sumber daya yang terbatas. Namun, kreatifitas dan keinginan yang tak terbatas dapat menjadikan semua itu menjadi suatu budaya yang unik.
                Hari ini, Minggu (28/11) kami menyaksikan budaya perayaan ulang tahun yang unik ditunjukkan oleh Subejo (Sunda, Betawi, Jowo) yang merupakan kumpula kecil praja yang asal pendaftarannya dari Pulau Jawa. Sederhana namun berkesan, itu kesan pertama yang saya dapat. Perayaan yang digelar di Menza IPDN Kampus Sumatera Barat diawali dengan sambutan oleh ketua panitia dan koordinator, NP. Bagas Caraka.
                Unik yang saya katakana, karena ini tidak hanya merayakan satu orang saja, namun 14 orang praja dari satuan Nindya maupun Madya yang berulang tahun pada bulan September – November secara bersama di rapel untuk perayaannya. “ Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali “, ujar NP. Bagas dalam membuka sambutannya.
                Di sela acara, ada pertunjukan paduan suara oleh para putri Subejo yang menyanyikan lagu dalam 3 bahasa, yaitu sunda, jawa, dan Indonesia. Tidak hanya itu, tradisi penyuapan bubur IPDN kepada para “tersangka” menambah semarak malam itu.
                Jamuan makan malam yang khas dengan budaya jawa juga dipertontonkan kepada kami. Praja yang berjumlah 43 makan bersama dalam 3 piring besar. Nuasa kebersamaan yang kental itu ditutup dengan bacaan doa dan wejangan kepada adik – adik madya praja. Kesempuranan tersebut dipenghujung acara didokumentasikan secara bersama untuk mengenang betapa indahnya malam itu. (dodoL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar